Kamis, 06 Desember 2012

Jalan-Jalan


Blitar, 1-2 Muharrom 1434 H


Dea, kakak, dan cucunya Pak Puh sedang melihat-lihat kebung jagung. Pak Puh kok sabar ya menancapkan sekaligus menganyam pagar, agar ayam-ayam ga bisa masuk ke ladang?!

Pohon mangga ini meskipun batang di bagian bawah tinggal separuh, dia  tetap hidup dan bahkan berbuah meskipun hanya di satu sisi. "Kuasa Illahi", kakak ipar saya bilang.



Ini namanya kembang sepatu. Daunnya dipakai sebagai uang-uangan untuk beli pecel-pecelan dan es-esan saat saya masih usia SD. Dulu di belakang rumah saya banyak sekali, di sekitar rumah Pakdhe juga banyak. Tapi sekarang sudah susah ditemui. Dan ketemu lagi di pekarangan Pak Puh.






Sebelum ke rumah pak Puh yang sekaligus jemput pengasuhnya Dea, kami mampir dulu ke Pantai Serang yang jalannya naik2 kepuncak gunung. Waktu itu hari jumat, kami bertiga ditinggal di pantai, sementara Kakak Ipar turun gunung untuk sholat Jumat.

Pantainya sepi, hanya beberapa keluarga yang juga sedang berlibur. sisanya para penjual jajanan. Ada yang aneh saat lihat empat orang berbaju hitam yang sebelumnya sujud2 di pinggir pantai lalu mandi di laut. Ada percakapan yang klo diingat, saya jadi geli sendiri. Kakak beradik yang aneh.
Aku    : Mbak sekarang dah tanggal 2 (Muharrom), kok mereka baru mandi? (Orang2 daerah situ biasa mandi/padusan   di laut tanggal 1 Suro)
Mbak : Iyo ya, oh, paling nyunnah mandi hari jumat.
A       : Lah, masak iya ngejar sunnah tapi yang wajib di tinggal? (saat itu waktu sholat jumat hampir habis)
M      : Di jamak sama asar paling,,
A       : Hee? jumatan lho mbak..
M      : Lha kan mereka lagi safar..
A       : Masak safar malah mandi di laut pas waktu sholat jumat?
M      : Yoo berarti Nasrani, paling..
A      : -____-"
M     : Husnudzon..!
A      : Oke, fine..!
Ya.. mungkin pelajarannya, kita harus selalu HUSNUDZON!! :-|



Ini Dea, agak kurusan,, ga maem nasi cuma minum susu formula selama tiga hari karena sariawan.. Alhamdulillah ga sampai di infus. Di rumah kerjaannya karaokean,, Karaokenya qosidah anak2 jawatimuran.. habis karaoke dia laper, mau maem tapi lidahnya sakit, jadinya nangiiiis mulu.. Eh, pas di pantai akhirnya ke tangkep nih senyum chibi-chibinya.. :D

Sekian jalan2 di Tulungagung-Blitar,, :-)






3 komentar:

  1. Sekarang sawah sudah jarang kita temui, semua berubah menjadi hunian :(
    Salam kenal mbak, terima kasih sudah mempir ke 'rumah bunga' saya :)

    BalasHapus